RINGKASAN RISALAH RUPST DAN RUPSLB PSS 24 Mei 2019

PT PELITA SAMUDERA SHIPPING Tbk

Berkedudukan di Jakarta

(“Perseroan”)

PEMBERITAHUAN

RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN DAN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA

 

Direksi Perseroan dengan ini mengumumkan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (”RUPSLB”) PT PELITA SAMUDERA SHIPPING Tbk., berkedudukan di Jakarta Pusat (”Perseroan”), yang telah diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 24 Mei 2019, bertempat di Ruang Jasmine 2, Ayana Midplaza Hotel, Jalan Jend. Sudirman Kav.0-11, Jakarta – 10220.

RUPST dibuka pada pukul 10.31 WIB dan ditutup pada pukul 11.13 WIB.

A. Agenda RUPST adalah sebagai berikut :

  1. Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan termasuk di dalamnya laporan kegiatan Perseroan, laporan pengawasan Dewan Komisaris serta pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018;
  2. Persetujuan Penggunaan Laba Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018;
  3. Persetujuan Penunjukan Kantor Akuntan Publik utuk mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2019
  4. Perubahan susunan Dewan Komisaris Perseroan
  5. Penetapan Gaji dan Tunjangan serta Penghasilan Lainnya untuk anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2019.

B. RUPST dihadiri oleh anggota Dewan Komisaris dan Direksi sebagai berikut :

  1. Bapak Hamid Awaluddin                   Komisaris Utama Independen
  2. Bapak Iriawan Ibarat                          Direktur Utama
  3. Bapak Harry Tjhen                              Direktur
  4. Bapak Setya Rahadi                            Direktur
  5. Ibu Yolanda Watulo                            Direktur
  6. Ibu Helena Adnan                               Direktur Independen

C. Kuorum Kehadiran Para Pemegang Saham.

RUPST dihadiri oleh para pemegang saham dan/atau kuasanya sebanyak 4.853.955.210 saham yang merupakan 96,431 % dari 5.033.600.000 saham yang merupakan seluruh saham yang telah dikeluarkan atau ditempatkan oleh Perseroan, karenanya ketentuan mengenai kuorum Rapat sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat 1 (a) Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 86 ayat 1 Undang-Undang Perseroan Terbatas, telah terpenuhi.

D. Kesempatan Tanya Jawab.

Kepada pemegang saham dan/atau kuasanya yang hadir dalam Rapat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, pendapat, usul dan/atau saran yang berhubungan dengan Agenda Rapat yang dibicarakan, dengan mekanisme mengangkat tangan dan menyerahkan formulir pertanyaan.

Tidak ada pemegang saham dan/atau kuasanya yang mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat dalam Rapat.

E. Mekanisme Pengambilan Keputusan.

Mekanisme pengambilan keputusan dilakukan secara lisan dengan meminta kepada pemegang saham dan/atau kuasanya untuk mengangkat tangan bagi yang memberikan suara tidak setuju dan abstain, sedangkan yang memberikan suara setuju tidak diminta mengangkat tangan. Suara abstain dianggap mengeluarkan suara yang sama dengan suara mayoritas para pemegang saham yang mengeluarkan suara.

F. Keputusan RUPST.

Hasil pengambilan keputusan yang dilakukan melalui pemungutan suara, sebagai berikut :

Agenda I

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Menerima baik dan menyetujui Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 termasuk Laporan Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseoran selama tahun buku 2018.

 

  1. Menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 yang telah diaudit oleh KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan sesuai dengan laporannya No. 00278/2.1025/AU.1/06/0243-2/1/III/2019 tertanggal 15 Maret 2019 dengan pendapat wajar tanpa modifikasian, serta memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018, sepanjang tindakan-tindakan mereka tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan.

 

Agenda II

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

A. Menyetujui penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2018 sebesar USD 14 juta, sebagai berikut:

  1. Sebesar USD 708.772 (setara dengan Rp 10,1 milyar) atau 5% disisihkan untuk dana cadangan Perseroan sesuai dengan Pasal 70 ayat (1) Undang-Undang Perseroan Terbatas;
  2. Sebesar USD 4.238.821 (setara dengan Rp 60,4 milyar) atau 30% sebagai dividen tunai atau sebesar Rp12 (dua belas Rupiah) per saham, dimana untuk distribusi dividen interim sebesar Rp 5 (lima Rupiah) per saham telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2018 dan untuk sisa dividen final tunai sebesar Rp 7 (tujuh Rupiah) per saham;
  3. Sisa laba bersih tahun berjalan sebesar USD 9.065.423 atau 65% dicatat sebagai laba yang ditahan oleh Perseroan.

B. Menyetujui pembagian dividen tunai tahun buku 2018 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pemegang saham yang berhak menerima dividen tunai tahun buku 2018 adalah pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan tanggal 13 Juni 2019.
  2. Pembayaran dividen tunai akan dilaksanakan selambatnya pada tanggal 27 Juni 2019.
  3. Direksi diberikan kuasa dan wewenang untuk menetapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembayaran dividen tersebut termasuk namun tidak terbatas antara lain mengatur tata cara pembagian dividen tunai serta mengumumkannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Agenda III

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

Memberikan kuasa kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk melakukan segala sesuatu berkenaan dengan penunjukkan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan dan/atau Kantor Akuntan Publik Pengganti dalam hal Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan karena sebab apapun tidak dapat menyelesaikan audit Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2019.

Agenda IV

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Menyetujui mengangkat Ibu Lilis Halim sebagai Komisaris Independen Perseroan yang baru untuk menggantikan Bapak Adi Harsono yang statusnya dari Komisaris Independen menjadi Komisaris.

 

  1. Sehubungan dengan hal tersebut, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2021 yang akan diselenggarakan pada tahun 2022 menjadi sebagai berikut :

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama Independen            Bapak Hamid Awaluddin

Komisaris                                                Bapak Adi Harsono

Komisaris                                                Bapak Chavalit Tsao

Komisaris Independen                         Ibu Lilis Halim

DIREKSI

Direktur Utama                                     Bapak Iriawan Ibarat

Direktur                                                  Bapak Harry Tjhen

Direktur                                                  Ibu Yolanda Watulo

Direktur                                                  Bapak Setya Rahadi

Direktur Independen                           Ibu Helena Adnan

  1. Memberikan kuasa dan wewenang dengan hak substitusi kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala tindakan sehubungan dengan perubahan susunan Dewan Komisaris Perseroan tersebut.

Agenda V

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

Memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menentukan honorarium, tunjangan dan fasilitas lainnya bagi anggota Dewan Komisaris Perseroan, serta gaji, tunjangan dan fasilitas lainnya bagi anggota Direksi Perseroan, dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

 

 RUPSLB dibuka pada pukul 11.21 WIB dan ditutup pada pukul 11.32 WIB.

A. Agenda RUPSLB adalah sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas Pinjaman Jangka Pendek dari Citibank Indonesia dengan jumlah sampai dengan 10 Juta Dollar Amerika Serikat dengan tenor sampai dengan 1 tahun yang akan digunakan untuk Pendanaan Jangka Pendek Perseroan.
  2. Persetujuan Perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2017.
  3. Persetujuan untuk pelaksanaan Management Stok Option Plan (MSOP) Kedua.

B. RUPSLB dihadiri oleh anggota Dewan Komisaris dan Direksi sebagai berikut :

  1. Bapak Hamid Awaluddin       Komisaris Utama Independen
  2. Ibu Lilis Halim                         Komisaris Independen
  3. Bapak Iriawan Ibarat              Direktur Utama
  4. Bapak Harry Tjhen                  Direktur
  5. Bapak Setya Rahadi                Direktur
  6. Ibu Yolanda Watulo                Direktur
  7. Ibu Helena Adnan                   Direktur Independen

C. Kuorum Kehadiran Para Pemegang Saham.

RUPSLB dihadiri oleh para pemegang saham dan/atau kuasanya sebanyak 4.854.570.620 saham yang merupakan 96,443 % dari 5.033.600.000 saham yang merupakan seluruh saham yang telah dikeluarkan atau ditempatkan oleh Perseroan, karenanya ketentuan mengenai kuorum Rapat sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat 1 (a) dan Pasal 23 ayat 8 (a) Anggaran Dasar Perseroan serta Pasal 86 ayat 1 dan Pasal 88 ayat 1 Undang-Undang Perseroan Terbatas, telah terpenuhi.

D. Kesempatan Tanya Jawab.

Kepada pemegang saham dan/atau kuasanya yang hadir dalam Rapat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, pendapat, usul dan/atau saran yang berhubungan dengan Agenda Rapat yang dibicarakan, dengan mekanisme mengangkat tangan dan menyerahkan formulir pertanyaan.

Tidak ada pemegang saham dan/atau kuasanya yang mengajukan pertanyaan dan/atau pendapat dalam Rapat.

E. Mekanisme Pengambilan Keputusan.

Mekanisme pengambilan keputusan dilakukan secara lisan dengan meminta kepada pemegang saham dan/atau kuasanya untuk mengangkat tangan bagi yang memberikan suara tidak setuju dan abstain, sedangkan yang memberikan suara setuju tidak diminta mengangkat tangan. Suara abstain dianggap mengeluarkan suara yang sama dengan suara mayoritas para pemegang saham yang mengeluarkan suara.

F. Keputusan RUPSLB.

Hasil pengambilan keputusan yang dilakukan melalui pemungutan suara, sebagai berikut :

Agenda I

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

Memberikan persetujuan, wewenang, dan kuasa kepada Direksi dan Dewan Komisaris untuk melakukan segala tindakan yang dibutuhkan sehubungan dengan proses perolehan tambahan Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek sejumlah USD10 juta dari Citibank Indonesia dengan memperhatikan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Agenda II

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (“PP 24/2018”) dalam rangka penyelarasan dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2017; dan

 

  1. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan berkaitan dengan penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan tersebut, tanpa ada yang dikecualikan.

Agenda III

Tidak diambil keputusan dikarenakan hanya bersifat laporan.

Berita Acara RUPST dan RUPSLB tersebut dimuat dalam Notaris tertanggal 24 Mei 2019 berturut-turut dengan Nomor 20 dan Nomor 21 .

Pengumuman Ringkasan Risalah Rapat Perseroan ini untuk memenuhi ketentuan Pasal 34 ayat (1), ayat (2) dan ayat (6) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka.

Jakarta, 27 Mei 2019

Direksi Perseroan